Animasi komputer awal digital dikembangkan di Bell Telephone
Laboratories pada tahun 1960 oleh Edward E. Zajac, Frank W. Sinden, Kenneth C.
Knowlton, dan A. Michael Noll. Animasi digital lainnya juga dipraktekkan di
Lawrence Livermore National Laboratory. Komputer
animasi awalnya, digunakan untuk tujuan penelitian ilmiah, teknik dan lainnya,
tetapi eksperimentasi artistik mulai terjadi pada pertengahan 1960-an.
Pada pertengahan 1970-an, cara ini
mulai masuk ke media publik. Banyak komputer grafis saat ini melibatkan
penggambaran 2-dimensi, meskipun semakin banyak, seiring daya komputer
meningkat, upaya untuk mencapai 3-dimensi realisme menjadi penekanan untuk
perkembangan animasi komputer. Pada akhir 1980-an, foto-realistis 3-D mulai
muncul di film bioskop, dan pada pertengahan 1990-an telah dikembangkan ke
titik di mana 3-D animasi dapat digunakan untuk produksi film keseluruhan.
Saat ini Animasi komputer modern biasanya menggunakan
komputer grafis 3D, walaupun grafik komputer 2D masih digunakan, hal ini
dikarenakan dengan menggunakan komputer 2D bisa membuat gaya, bandwidth lebih
rendah, dan lebih cepat real-time rendering. Dengan menggunakan animasi
komputer itulah seniman mulai menggunakan mesin permainan untuk membuat film
non-interaktif, yang mengarah ke Machinima berbentuk seni.
Fitur-panjang komputer pertama film animasi adalahn film Toy
Story oleh Pixar tahun 1995 . Animasi ini mengikuti petualangan mainan dan
pemiliknya. Film terobosan ini adalah yang pertama dari banyak film penuh
animasi komputer.Selain itu dengan Animasi komputer diciptakanlah film
blockbuster seperti Toy Story 3 (2010), Avatar (2009), Shrek 2 (2004), dan Cars
2 (2011).
0 comments:
Post a Comment