PPC Iklan Blogger Indonesia

iklan

Thursday 21 August 2014

Prinsip Kerja Animasi Komputer



Cara kerja animasi komputer dimulai dari Pra-produksi (konsep, skenario, pembentukan karakter, storyboard,dubbing awal, musik dan sound FX). Selanjutnya proses Produksi (lay outkey motionin betweenBackground,scanning, dan pewarnaan). Proses terakhir adalah Post-produksi (compo­siteeditingrendering, pemindahan film kedalam berbagai media berupa VCD, DVD, VHS dan lainnya). Proses-proses tersebut dilakukan seseorang dengan banyak bantuan komputer, teknik animasi sel yang diadopsi dalam animasi komputer, selanjutnya kertas gambar dalam pembuatan sebelumnya diprogram menjadi frame di komputer, jadi yang semula kumpulan gambar menjadi kumpulan frame.


   Konsep Dasar yang Digunakan dalam Penciptaan Animasi Komputer
  a.  Manual
 Metode ini mengandalkan kemampuan animator secara penuh. Seluruh gerakan dibuat dengan      insting dan skill animator. Biasanya digunakan untuk jenis animasi bergaya kartun, seperti Cars, F      inding Nemo, Toy Story, dan lainnya, karena sifat gerak dari karakter yang ada disitu adalah hasil rekaan manusia, yang tentunya sudah di lebih-lebihkan (juga menggunakan prinsip animasi yang lain).b. Motion captureMotion capture adalah metode animasi yang menggunakan bantuan gerak karakter aslinya dan dipindahkan geraknya dengan alat motion capture, kemudian di aplikasikan ke objek digital. Teknik ini tentu akan membuat gerakan yang sama dengan aslinya; misalnya pada film Avatar, Final Fantasy, Polar Express, Beowulf, dan beberapa film dengan spesial efek, seperti Lord of the ring, Last samuraic.Dynamic simulation
Metode ini menggunakan penghitungan secara fisika pada objek yang akan di animasikan, lalu disimulasikan secara realtime. Terdapat beberapa penghitungan sebelum objek di animasikan, misalnya berat atau massa benda, gaya gravitasi, benturan, kekuatan angin dan lain sebagainya. Contoh animasi yang menggunakan metode ini adalah animasi bola jatuh, kain, percikan air, benda hancur, rambut dll.
d. ParticleParticle adalah sekumpulan objek yang dapat dianimasikan secara bersamaan membentuk sebuah pola, misalnya asap, daun berguguran, api, hujan, salju, segerombolan burung, dan sebagainya.
6.Tipe dan jenis animasi komputer masing-masing dibagi menjadi dua.
7. Tipe dan Jenis Animasi Komputer


Sumber :http://dasaraanimasi.weebly.com/1/post/2013/07/animasi-komputer.html

0 comments:

Post a Comment